Wasir,Penyebab dan Pengobatannya

(copy from klinik-sehat.com)

Anda pernah mengalami sulit duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila anus mendapat tekanan? orang awam familiar dengan istilah wasir atau ambeien,kondisi ini dapat dialami oleh siapapun terutama remaja dan orang tua. Di Amerika,50% populasi usia 50-an menderita wasir dan diperkirakan sekitar 50%-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.
Wasir teramat menganggu aktivitas sehari-hari dan tentunya menganggu kenyamanan. Namun kerap kali penderita merasa malu atau dianggap tidak penting dan kurang memperhatikan gangguan kesehatan ini. Wasir atau dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Hemoroid adalah pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik (vena) dan terletak di dinding rectum dan anus.
Anus merupakan lubang diujung saluran pencernaan dimana limbah (kotoran,faces) keluar dari dalam tubuh,rectum merupakan bagian dari saluran pencernaan di atas anus,dimana faeces disimpan sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui anus. Hemorrhoid interna (wasir dalam) merupakan wasir yang tetap berada di anus. Sedangkan haemorrhoid externa (wasir luar) adalah wasir yang keluar dari anus.

Haemorrhoid bisa terjadi karena peregangan berulang selama buang air besar dan sembelit (kesulitan buang air besar,konstipasi) bisa membuat peregangan bertambah buruk. Penyakit liver dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah pada vena portal dan kadang-kadang menyebabkan terbentuknya hemorrhoid. Hemorrhoid dapat merupakan peradangan,yang akan menyebabkan terbentuknya bekuan darah (thrombus),perdarahan atau akan membesar dan menonjol keluar,pendarahan yang terjadi biasanya berupa darah segar yang menetes di akir aktivitas buang air besar (BAB).

Faktor pemicu yang menyebabkan hemorroid dapat terjadi karena : terlalu banyak duduk,diare menahun,perubahan hormon yang terjadi waktu kehamilan,keturunan genetik,hubungan seks yang tidak lazim (sodomi),sembelit/konstipasi,penekanan kembali aliran darah vena,hipertensi,obesitas,dehidrasi yang dapat menyebabkan faces keras dan kesulitan buang air besar,konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah banyak.

Tipe dan gejala hemorrhoid dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama hemorrhoid externa yang timbul di daerah anal verge yaitu daerah ujung dari anal kanal (anus). Biasanya pada tipe ini hanya akan menimbulkan keluhan nyeri,dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika iritasi terjadi,gejala yang ditimbulkan berupa gatal. Hemorrhoid ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah),jika pembuluh darah pada vena pecah maka akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat.

Sedangkan tipe kedua,yaitu hemorrhoid interna,hemorrhoid yang muncul di dalam rektum. Biasanya hermorrhoid jenis ini tidak nyeri,sehingga kebanyakan orang tidak menyadari jika mempunyai hemorrhoid ini. Apabila hoemorrhoid tidak segera ditangani,maka akan menjadi prolapsed dan strangulated hemorrhoids.

Prolapsed hemorrhoid adalah hemorrhoid yang muncul keluar dari rektum,strangulated hemorrhoid merupakan suatu keadaan terjepitnya prolapsed hermorrhoid karena otot di sekitar anus berkontraksi. Hal ini menyebabkan terperangkapnya hemorrhoid dan terhentinya pasokan darah,yang pada akhirnya akan menimbulkan kematian jaringan yang dapat terasa nyeri sekali.

Menurut derajat keparahannnya,hemorrhoid interna dibagi menjadi empat. Derajat pertama bila pembesaran hemorrhoid interna mencapai tepi anus dan sering berdarah bila BAB,namun tidak menimbulkan benjolan di anus. Derajat kedua bila terjadi pembesaran hemorrhoid sampai keluar dari anus pada saat BAB,tetapi pembesaran tersebut dapat masuk kembali dengan sendirinya. Derajat ketiga bila terjadi kondisi seperti derajat kedua tetapi pembesaran hemorrhoid yang keluar anus tidak dapat kembali dan harus dimasukkan. Sedangkan,derajat keempat seperti derajat ketiga yang secara berkelanjutan.

Untuk penanganan hemorrhoid tergantung derajatnya. Pada derajat pertama dan kedua,dapat dilakukan selerotherapy/tanpa operasi yang dapat dilakukan di rumah sakit dan pemberian obat. Namun bila derajat ketiga dankeempat sebaiknya dilakukan hemorrhoidestomy (pembedahan).

Hemorrhoid  dapat dicegah dengan memperbanyak minum air,makan makanan yang kaya serat sekitar 20-25 gram sehari,jangan duduk terlalu lama,olah raga, menghindari penggunaan laksatif,jalankan pola hidup sehat,jangan merokok dan minum minuman yang beralkohol. Jangan anggap sepele hemorrhoid, segera tangani dan datang ke dokter agar mendapat penanganan yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: