Jintan Hitam

Akhir-akhir ini obat-obatan herbal sedang banyak digandrungi orang, baik dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas. Hal ini terjadi dikarenakan obat-obatan modern mempunyai efek samping yang sangat berbahaya terhadap tubuh manusia sehingga obat-obatan herbal ini sebagai alternatif dari pengobatan modern.

Dari berbagai macam obat-obatan herbal salah satunya adalah Habbatussauda atau lebih dikenal dengan jinten hitam. Habbatussauda ini adalah salah satu obat yang sangat dianjurkan bagi umat Islam karena obat ini terdapat dalam hadits shohih Bukhari-Muslim, Rasulullah Salallahu’alaih wassalam bersabda, “Gunakanlah Al Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (Maut). (HR. Bukhori-Muslim).

Namun untuk umat muslim di Indonesia sendiri obat ini kurang popular, sedangkan di negara-negara seperti Eropa, Amerika dan beberapa negara Asia, obat ini cukup popular dengan melakukan riset-riset ilmiyah di antaranya oleh Prof. El Dakhany dari Microbiologi Research Center Arabia, Dr. Michael Tierra L.A.C.O. MD, Pharmachology Research Department Laboratory, Department Pharmachy King College London dan lain-lain.

Berikut beberapa manfaat dari Habbatusauda (jinten hitam):

– Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Dengan adanya kandungan asam linoleat (omega 6 dan omega 3), Habbatussauda adalah sebagai nutrisi untuk sel otak dan dapat berfungsi sebagai peningkat daya ingat dan kecerdasa, dan dapat memperbaiki peredaran darah ke otak.

– Meningkatkan bioaktifitas hormon
Salah satu kandungan Habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioktivitas hormon.

– Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sel-sel T yang naik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami, obat ini sangat efektif bisa mencapai 72% dibandingkan dengan plasebo yang hanya 7%. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti AIDS dan kanker.

– Menetralkan racun dalam tubuh
Mempunyai kandungan saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

– Mengatasi gangguan tidur dan stress
Saponin dalam Habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Fungsi sapion untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

– Anti Histamin
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.

– Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.

– Melancarkan air susu ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu.

– Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
Saat-saat pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami, kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalamnya merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

– Anti tumor
Dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.

– Nutrisi
Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat cocok untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun, dan mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan seperti habbatussauda.

(copy from kulinet.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: