Bijak Mengkonsumsi Obat Flu

Penyakit flu sekarang tengah naik daun. Media begitu marak memberitakan kehebatan penyakit ini. Kehebatan untuk menimbulkan kepanikan massal. Karena penyakit ini muncul dengan berbagai varian baru. Sebut saja Flu Burung, Flu Babi, Flu Hongkong dan Flu Singapura. Virus penyebab flu ini memang paling jago dalam melakukan mutasi.

Tapi yang akan dibicarakan disini adalah flu yang biasa berkunjung ketikan musim tidak bersahabat. Flu yang membuat badan lesu, tidak enak, demam , dan sakit kepala. Juga biasa membawa oleh-oleh lain yaitu hidung gatal, tersumbat dan beringus. Tambah lagi tenggorokan yang kering, bersin dan batuk
Kalau sudah kena penyakit seperti ini, pasti yang anda cari adalah obat flu. Tetapi ternyata ada beberapa hal yang harus kita tahu tentang obat flu itu sendiri. Kita tidak boleh serampangan meminumnya, Karena jika kita serampangan mengkonsumsi obat flu, maka ginjal kita menjadi korbannya.

Sebenarnya tidak ada pengobatan yang khusus untuk flu. Secara umum yang perlu diperhatikan adalah istirahat yang cukup, banyak minum dan menjaga keseimbangan makanan. Obat flu ternyata cuma untuk mengatasi keluhan yang nyata.

Sesuai dengan keluhan dan gejalanya, obat flu di pasaran memiliki khasiat antara lain pelerai sakit untuk sakit kepala, tenggorokan kering, nyeri otot dan demam; dekongestan untuk mengatasi bersin dan melapangkan hidung yang tersumbat;anti alergi untuk mengatasi reaksi inflamasi dan obat batuk, baik yang bersifat antitusif maupun ekspektoran.

Kiat-kiat untuk aman berobat adalah sebagai berikut
Jangan langsung minum obat flu sebelum mencoba menyembuhkannya dengan hanya tidur dan istirahat
Jangan mengkonsumsi obat flu bila anda menderita penyakit yang serius atau sedang dalam perawatan, tanpa persetujuan dokter.

Jangan mengkonsumsi dekongestan ataupun semua obat flu lainnya tanpa pengawasan dokter, bila anda menderita penyakit tekanan darah tinggi atau sedang diobati dengan MAO inhibitor obat penyakit syaraf
Segeralah ke dokter jika terjadi hal berikut :
Bila hanya hidung yang tersumbat, ia dapat disebabkan penyakit kanker.

Batuk tanpa pilek merupakan tanda penyakit saluran napas bagian bawah yang mungkin seriua
Semua dokter dapat mengobati flu. Karena itu, datanglah terlebih dahulu ke puskesmas atau dokter umum. Berilah ia kesempatan mengobati anda dengan dua kali resep selang 5 hari. Bila gagal, mintalah rujukan ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). Mungkin anda menderita polip, amandel atau radang tenggorokan. Bila belum sembuh sesudah 2 kali pengobatan, pindahlah berobat ke rumah sakit umum.

(copy from kulinet.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: