Bugar selama puasa

Puasa menurut beragai penelitian di dunia kesehatan merupakan proses detoksifikasi yang efektif. Detokdifikasi adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun-racun yang selama ini menumpuk di tubuh kita karena sisa makanan, sisa metabolisme tubuh, polusi, obat-obatan hingga aktifitas otak bisa menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit yang kerap mengiringi seseorang jika ia menyimpan banyak racun dalam tubuhnya antaralain maag, asma, gatal-gatal, flu, kanker, mudah capek, kolesterol tinggi, encok, stres, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Masih dari hasil penelitian beberapa dokter di tanah air, proses pembuangan racun tubuh efektif jika minimal dilakukan setahun sekali selama 30-40 hari. Jika racn tidak segera dibuang, maka tubuh akan bereaksi dengan gejala sering sakit kepala, asma, sinusitis,mual, kembung, sering masuk angin, keringat berbau, nafas tidak sedap,jerawata, keputihan dan lain-lain. Karena itulah Allah menurunkah bulan Ramadhan yang penuh berkah salah satunya untuk membersihkan tubuh kita.

Namun bagi yang tidak biasa berpuasa, Ramadhan terasa berat. Badan terasa lemas, dehidrasi, pusing bahkan tak jarang orang yang berpuasa ambruk, sakit ditengah-tengah ramadhan atau ketika lebaran. Karena itulah, sangat penting menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa ini. Mengapa?.Karena, selain bulan ini penuh dengan berkah, ampunan dan pahala, bulan yang tepat untuk mengembalikan stamina tubuh kita. Jika tubuh kita gagal menjalani proses detoksifikasi ini, tubuh rentan terhadap penyakit.

Banyak hal yang membuat kebugaran tidak hanya berasal dari makanan atau kegiatan fisik. Kebugaran tubuh dan jiwa orang berpuasa mampu menjadi jalan detoksifikasi racun tubuh, racun jiwa dan keburukan hati. semua dapat dilihat hasilnya setelah bulan ramadhan berlalu. Orang yang selama ramadhan berhasil menjaga kebugran tubuh, jiwa dan hatinya akan tampil berseri-seri, sehat lahir dan batin. Kehidupannya lebih tenang, teratur dan puas dengan apa adanya dirinya. Inilah kebahagiaan sejati. Tentunya proses ini akan efektif jika kita memperhatikan hal-hal penting dalam menjaga kebugaran berikut ini.

1. Meluruskan niat
Segala hal tergantung niatnya. Jika kita niatkan puasa hanya untuk Allah, maka hukum “mestakung” atau semesta mendukung akan berlaku.

“Allah SWT berfirman: puasa, ia adalah untuk-KU, dan AKU yang akan membalasnya, sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwatnya, makanannya, dan minumannya demi AKU, orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan, sekali waktu berbuka dan sekali lagi waktu bertemu Robbnya, sungguh bau tidak sedap mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi disisi Allah SWT daripada minyak misik.” Shahih Bukhari hadits.

2. cepat berbuka dan mengakhirkan sahur
Secara medis, tubuh mempunyai batas maksimal menahan lapar dan haus. Saat adzan magrib tiba, menyegerakan berbuka akan menghndarkan kita dari meningkatnya asam lambung. Sahur yang diaknhirkan juga mampu menjaga ketahanan tubuh saat siang karena rentang waktu untuk menahan lapar dahaga lebih pendek.

3.Berbuka dengan kurma dan air putih.
Kurma memiliki kandungan izi hampir lengkap dengan komposisi seimbang. Serat tinggi pada kurma mempu mengikat kolesterol dan asam lambung, gula dalam kurma juga diserap cepat oleh tubuh pada 45-60 menit setelah dikonsumsi. Berbeda dengan jenis gula pada nasi atau makanan lain yang membutuhkan waktu berjam-jam sebelum diserap tubuh. Sedangkan air putih sendiri membantu proses pelarutan racun dan pengeluaran dari dalam tubuh melalui urine.

4. Banyak makan buah dan sayur saat sahur
Makanan berserat seperti sayur dan buah mudah dicerna tubuh dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama saat puasa karena gula dalam serat tidak mudah terurai.

5. Menghindari kopi dan minuman manis
Kopi menstimulasi tubuh untuk sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang. Akibatnya kita akan dehidrasi dan lemas. Sedangkan minuman manis akan dicerna lebih cepat sehingga kita cepat merasa lapar.

6. Porsi yang cukup untuk nasi
Jangan terlalu banyak karena membuat kita lemas. Juga jangan terlalu sedikit sehingga kita kekurangan tenaga untuk beraktifitas saat siang hari.

7. Minum madu, jinten hitam dicampur setengah gelas air saat sahur
Kombinasi makanan ini memberi kebugaran selama berpuasa siang hari karena menetralkan asam lambung, melancarkan aliran darah dan menjaga stamina.

8. Hindari tidur setelah sahur
Tidur setelah sahur akan menyebabkan perut kembung karena produksi asam lambung yang meningkat. Saat setelah sahur, tubuh mulai mencerna makanan. Aktivitas ini akan berat dilakukan tubuh jika kondisi tubuh tidur. Mengapa?. Karena saat tidur, jantung memompa darah ke otak dan kesluruh tubuh. Sedangkan sesaat setelah sahur, tubuh juga harus memompa darah lebih cepat untuk mencerna makanan dan mengedarkanna ke seluruh tubuh. Jika ingin tidur, tunggulah 2-3 jam. Setelah sahur. Lebih baik lagi kalau anda tidur pada siang hari sekitar 1 jam agar mendapat stamina untuk tarawih.

9. Olahraga ringan teratur
Makanan yang masuk dalam tubuh setelah sahur bisa menghasilkan energi optimal jika tubuh dilatih dengan olah raga. Teraturlah berjalan kaki 30 menit atau naik sepeda agar tubuh tetap bugar. Hindari olahraga beban kecuali pada malam hari.

10. Menjaga pancaindra
Menjaga mata, telinga dan lidah serta anggota-anggota tubuh lainnya dari perbuatan yang tidak ada faedahnya, dan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan dosa secara otomatis akan menjaga kebugaran anda. Ingat, dosa mampu melemahkan tubuh dan jiwa.

11. Memperbanyak aktivitas kebaikan.
Perbanyaklah membaca Al Qur’an, menghadiri kajia islam, membaca buku, bersedekah, sholat sunnah dan berdoa. Aktivitas ini akan membuat hati dan jiwa anda bugar. Ingat, jika hati dan jiwa bugar, maka tubuh anda juga akan merasa sangat bugar da siap menjalani aktivitas apapun.

Bulan Ramadhan adalah bulan keberuntungan untuk kita semua. Dengan menjaga kebugaran selama Ramadhan, maka insyaAllah kita sukses melewati ramadhan dengan gemilang. Tidak ada manusia yang lebih merugi dari pada orang yang menemui ramadhan namun tidak mendapatkan ampunan dan keberkahan dari Allah. Mari menjaga kebugaran tubuh, hati dan jiwa kita. Selamat mencoba. (ulfa_sidoarjo)

(copy from kulinet.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: