Menghindari Kegemukan Akibat Puasa

uasa adalah aktivitas menahan diri dari makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Untuk puasa ibadah, bukan puasa diet, tujuan puasa yang utama adalah melatih ruhani manusia mengendalikan diri mereka lahir dan batin untuk taat kepada Penciptanya. Namun ada juga orang yang memiliki motivasi lain, yaitu mengurangi berat badan, sehingga mereka amat gembira menyambut bulan Ramadhan. Dalam tulisan ini, penulis hendak menyatakan bahwa puasa dengan cara yang tidak benar bukannya membuat tambah kurus melainkan tambah gemuk atau berlemak. Dan penulis yakin, hampir semua orang yang menyelesaikan puasanya tidak berkurang berat badannya secara relatif permanen, malah cenderung bertambah.

Sepintas ini nampak janggal. Puasa kan mengurangi makanan, lalu mengapa malah menambah kegemukan? Di samping itu tidak semua orang “balas dendam” ketika berbuka puasa dengan memakan makanan sebanyak-banyaknya (walaupun umumnya begitu). Jawabannya terletak pada sifat genetik tubuh manusia terhadap kerja metabolismenya. Dengan memahami sifat genetik manusia yang sudah terprogram entah berapa juta tahun yang silam, diharapkan kita dapat menghindari kegemukan akibat puasa.

Menurut Mark Hyman, M.D. data menunjukkan bahwa banyak orang gagal dalam dietnya karena mitos kelaparan. Mereka menganggap bahwa melaparkan diri ditambah banyak berolahraga akan membuat tubuh mereka makin kurus, namun berat badan mereka malah bertambah. Padahal banyak yang mengatakan porsi makan mereka tetap sama. Penyebabnya terletak pada program yang sudah tercetak dalam gen manusia.

Penjelasannya adalah sebagai berikut. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi manusia kurang dari yang dibutuhkannya dalam sehari (yaitu sekitar 10 kali jumlah berat badan dalam pound, jadi semisal berat seseorang 70 kg, misalkan 1 kg setara dengan 2 pound maka dia membutuhkan 1400 kalori untuk aktivitasnya dalam sehari), maka ketika menahan makan hingga terasa lapar, tubuh memang mengkonsumsi kalori dengan lamban, namun ketika berbuka, tubuh akan mengkonsumsi kalori dengan lebih cepat, dan kalori yang cepat masuk dalam aliran darah akan lebih cepat mengumpul menjadi lemak (karena itu penting juga memilih makanan yang kalorinya tidak terlalu cepat terserap). Ketika puasa kembali, kalori yang ada pada otot akan lebih cepat digunakan tubuh ketimbang kalori dalam lemak yang lebih susah dibakar. Akibatnya lemak akan terus tertimbun dan massa otot akan berkurang, sehingga seseorang akan kebanyakan lemak dalam tubuhnya meskipun porsi makanannya dalam sehari tetap sama.

Karena itu penulis memiliki saran sebagai berikut :
1. Berpuasa diniatkan untuk menguatkan ruh, bukan untuk menguruskan badan. Sahur harus dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dengan kalori yang cukup seperti nasi.
2. Ketika berbuka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tidak atau tidak terlalu diolah seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Tujuannya adalah kalorinya tidak terlalu cepat terserap dalam darah sehingga menjadi lemak.
3. Mengkonsumsi banyak lemak seperti makan alpukat sangat baik, sepanjang lemak itu bukan lemak trans atau lemak terhidrogenasi parsial (lemak ini direkayasa khusus oleh manusia). Mengkonsumsi lemak yang baik dalam takaran cukup tidak membuat Anda berlemak. Adapun lemak yang buruk, yaitu lemak trans atau lemak terhidrogenasi akan mengacaukan metabolisme, menimbulkan kegemukan dan masalah-masalah kesehatan. Lemak yang buruk ini banyak ditemui pada produk-produk makanan kemasan hasil prosesan seperti biskuit yang masa kadaluwarsanya lama.
4. Memilih makanan yang sehat untuk sahur dan berbuka amat penting karena pada jaman modern, banyak makanan hasil proses yang mengandung senyawa “asing” bagi tubuh dikonsumsi orang. Sedangkan tubuh terprogram untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang murni, tidak terlalu diproses dan sederhana.

Sumber : Ultra Metabolisme, Mark Hyman, M.D.

(copy from kulinet.com)

Satu Tanggapan to “Menghindari Kegemukan Akibat Puasa”

  1. paket ultimate herbalife,paket herbalife ultimate,harga paket ultimate Herbalife,herbalife ultimate,tips diet cepat,cara diet yang cepat,cara cepat diet,program diet cepat,cara diet paling cepat,cara diet dengan cepat,cara diet yang cepat,cara diet c…

    Menghindari Kegemukan Akibat Puasa | Alkadir’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: