Strategi Baru Mencegah Serangan Jantung

Saat ini, sebagian besar masyarakat kita sadar, kolesterol merupakan musuh terbesar bagi jantung. Kolesterol dapat menyumbat arteri, sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. 300.000 kasus serangan jantung setiap tahunnya disebabkan oleh kolesterol. Untungnya, masih ada 1 jenis kolesterol yang dapat mencagah hal ini dan justru menjaga jantung tetap sehat dan kuat, yaitu kolesterol baik HDL.

Molekul kecil HDL berperan sebagai bodyguard jantung, karena menghalau kolesterol jahat LDL dari aliran darah sebelum menempel pada dinding – dinding pembuluh darah dan menyebabkan sumbatan. Mempunyai kadar kolesterol HDL tinggi adalah senjata terbaik mencegah penyakit jantung. National Institutes of Health (NIH) menganjurkan kadar kolesterol HDL pada tingkat paling sedikit 40 mg/dL. Kenaikan setiap 1 poin dari kolesterol HDL dapat mengurangi resiko penyakit jantung sampai 5%. Meningkatkan sampai 10 poin berarti dapat mengurangi resiko penyakit jantung sampai setengahnya.

Studi menunjukkan, 1 di antara 4 orang Amerika tidak bisa mencapai angka 40 mg/dL. Untungnya, riset baru menunjukkan, kita bisa meningkatkan angka ini dengan cara:

• Makan kacang – kacangan
Seperti kacang pistachio, orang – orang yang mendapatkan 20% dari total kalori harian dari pistachio, kadar kolesterol HDL-nya naik sampai 11%. Kacang pistachio kaya lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), jenis lemak yang diperlukan liver untuk membuat kolesterol baik HDL. Para ahli mengatakan, semua kacang – nut, minyak kacang, dan selai kacang, kaya lemak tak jenuh tunggal. Begitu juga denan minyak jaitun, minyak canola, dan avokad. Mengganti lemak lain dalam makanan Anda dengan makanan – makanan ini dapat memberikan peningkatan HDL yang sama, dengan resiko terendah kenaikan berat badan.

• Kendurkan otot
Para ahli tahu dengan lari, naik sepeda, latihan aerobik yang keras, dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL sampai 6 poin atau lebih. Tapi hanya sedikit orang yang menjalani olahraga seperti yang disarankan. Untungnya, kini ada cara yang lebih mudah yaitu dengan latihan beban 20 menit saja, 3 kali seminggu, dapat meningkatkan kadar HDL yang sama efektifnya dengan aerobik. Menurut Framingham Heart Study, untuk setiap 5 pon berat badan yang berhasil diturunkan, akan bisa meningkatkan kadar kolesterol sampai 2 mg/dL.

• Minum jus jeruk
Kali berikutnya, jika Anda ingin minum soda atau makan cemilan manis, ganti dengan minum jus jeruk. Dalam sebuah studi, subyek yang melakukan penggantian ini mengalami kenaikan kolesterol HDL sampai 21% dalam sebulan. Akan lebih baik lagi jika minum jus jeruk yang difortifikasi kalsium. Tiga cup bisa mencukupi kebutuhan Anda. Dalam sebuah studi, perempuan yang mendapatkan jumlah ini mengalami kenaikan kadar kilesterol baik HDL sampai 7%. Jika Anda tak ingin minum jus sebanyak itu, dapatkan kalsium dari sumber lainnya.

• Minum anggur merah – red wine
Para periset menemukan, minum anggur merah – red wine dapat meningkatkan kadar HDL sampai sebanyak 10%, dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung sampai 40%. Selama ini, yang jadi perhatian adalah red wine, padahal sejumlah studi menunjukkan, semua jenis alkohol, termasuk bir, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Jangan remehkan perasaan amarah, karena kemarahan yang meledak – ledak dapat bersifat lebih merusak kesehatan. Sebuah studi menemukan, perempuan yang rentan dengan kemarahan yang meledak – ledak cenderung mempunyai lipid yang meningkat, yang menaikkan kadar kolesterol jahat. Bagi yang berdarah panas disarankan berolahraga karena olahraga dapat memperbaiki respon tubuh terhadap kemarahan.

(copy from kulinet.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: