Tentukan Tujuan Dengan Jelas Dan Terukur, Jangan Samar-Samar

Kebanyakan orang yang ingin meraih keberhasilan, tidak serius dengan impiannya. Itulah sebabnya, hanya sedikit orang yang mencapai puncak.

Setiap bisnis yang berhasil dimulai dari sebuah impian yang dimiliki oleh seseorang saat merintis bisnis tersebut. Namun, kebanyakan orang yang ingin meraih keberhasilan, tidak serius dengan impiannya. Itulah sebabnya, hanya sedikit orang yang mencapai puncak.

Berikut lima langkah dalam menentukan impian :

1. Ketahuilah diri Anda dengan menjawab tiga pertanyaan ini

Siapa saya ? Yang saya maksud disini adalah tentang minat Anda, bakat Anda, dan kemampuan Anda.

Kemana saya hendak pergi ?

Rata rata orang tidak punya tujuan yang jelas tentang masa depannya. Mengapa mereka bangun pagi dan bekerja ? Kebanyakan orang hanya mengatakan untuk mencari makan, dan kalau ditanya lebih lanjut, mengapa harus makan ? Mereka akan menjawab supaya tetap hidup, dan besok pagi bisa bangun dan bekerja lagi!!

Terjaga selama enambelas jam supaya kita bisa tidur selama delapan jam, bukanlah kehidupan yang baik. Tentukan dengan jelas tujuan hidup Anda.

Bagaimana saya dapat sampai ke tempat yang saya tuju ?

Ada dua nasehat yang layak Anda pertimbangkan :

Ambil pelatihan terbaik yang dapat Anda peroleh di bidang yang Anda geluti. Bergabunglah dengan organisasi dimana Anda dapat belajar lebih dalam tentang profesi yang Anda geluti.

Bersedialah berkorban dan berkorban lagi. Satu hal yang selalu dimiliki oleh orang-orang yang berhasil adalah kesediaannya untuk berkorban dan menunda kenikmatan demi meraih impian mereka.

2. Bermimpilah secara jelas dan detail, bukan secara umum.

Kebanyakan orang memiliki impian yang samar samar. Saya ingin kaya. Saya ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Saya ingin memiliki bisnis sendiri, dsb.

Orang-orang yang berhasil dalam bisnis dan pekerjaan, memiliki impian yang jelas sejak awal. Bila Anda ingin kaya, tentukan dengan jelas, berapa penghasilan yang Anda inginkan tiap bulannya. Bila Anda ingin memiliki bisnis sendiri, gambarkan dengan jelas bisnis apa yang akan Anda tekuni, dan kapan Anda akan memulainya.

3. Tentukan target waktu untuk mewujudkan impian Anda, dan segeralah bertindak.

Ini merupakan sebuah fakta bahwa orang akan bekerja jauh lebih efisien, dan lebih cepat jika mereka menentukan batas waktu dan jadwal pelaksanaan yang jelas. Setelah target waktu ditentukan, maka segeralah memulai langkah pertama. Impian Anda akan menjadi kenyataan, hanya melalui tindakan, bukan melalui perencanaan tanpa akhir untuk mengambil tindakan.

4. Bayangkan dan rasakan seolah-olah impian Anda telah menjadi kenyataan.

Kalau Anda menginginkan sebuah mobil tertentu, maka sesekali kunjungilah dealer mobil dan lakukan test drive atas mobil impian Anda. Tanyakan segala hal tentang mobil impian Anda, seolah olah Anda memang sedang membeli mobil tersebut. Bila impian Anda adalah liburan ke luar negeri, maka kunjungilah biro perjalanan dan mintalah informasi sebanyak mungkin mengenai prosedur, biaya dan hal hal lainnya yang terkait dengan wisata di negara tujuan Anda. Buatlah seolah olah Anda memang akan pergi berlibur ke negara tersebut.

Visualisasikan impian Anda, dengan mencari gambar yang berhubungan dengan impian Anda. Tempelkan gambar tersebut di cermin, meja kerja, dan tempat lain yang sekiranya akan selalu Anda lihat tiap harinya.

Lakukan hal itu sesering mungkin, dan perlahan tapi pasti, alam bawah sadar Anda akan membimbing tindakan, sikap, dan keputusan Anda menuju impian Anda.

Satu rahasia sukses yang jarang diketahui banyak orang adalah bahwa :

Alam bawah sadar merupakan slah satu alat mental manusia yang memiliki kekuatan sangat luar biasa dan tak terbatas.

Alam bawah sadar tidak bisa membedakan antara kenyataan dan manipulasi !!

5. Buatlah komitmen total dengan impian Anda.

Ada satu “hukum alam” yang kurang dimengerti oleh kebayakan orang, yaitu bahwa tidak ada yang bisa menghentikan individu yang memiliki komitmen secara total dalam meraih impian yang telah dipikirkan dengan hati-hati. Dengan kata lain : kalau Anda secara total berketetapan hati, bersedia melakukan semua pengorbanan yang diperlukan, dan tetap fokus pada tujuan, maka Anda akan meraih impian Anda. Tenggelamnya kapal perang Bismarck milik Jerman pada perang dunia kedua merupakan salah satu kisah nyata dari pernyataan diatas. Pada waktu itu, para komandan angkatan laut Inggris, tahu persis bahwa mereka tidak dapat menenggelamkan kapal perang yang baru, sangat besar, dan mempunyai persenjataan tercanggih di jamannya. Namun, Perdana Menteri Churchill membuat komitmen secara total. Dia mengeluarkan perintah yang amat jelas dan tegas, “Tenggelamkan Bismark”. Dan, Bismark pun tenggelam.

Tidak ada sesuatupun, yang dapat menghentikan kehendak yang menjadi komitmen secara total… Sukses dimulai dari sebuah impian. Tak seorang pun dari kita yang dapat merubah masa lalu. Namun kita dapat mengubah masa depan kita melalui impian yang jelas, dan tindakan yang terarah dan konsisten untuk meraihnya.

Di dunia ini, hanya sedikit orang yang meraih keberhasilan yang cemerlang dalam meraih penghasilan baik dalam bisnis maupun karier di dunia korporasi. Mengapa ? Para minoritas ini, memiliki beragam latar belakang, ada yang hanya lulusan Sekolah dasar, ada yang lulusan perguruan tinggi, memiliki beragam suku bangsa dan strata sosial, namun mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu memiliki dan mengembangkan impian yang jelas.

Untuk dapat memiliki dan mengembangkan impian, Anda harus menyingkirkan enam keyakinan yang menghancurkan impian orang kebanyakan.

Berikut enam keyakinan yang dapat menghancurkan impian seseorang :

Tidak memiliki cukup pendidikan. Pendidikan sampai titik tertentu memang bermanfaat dalam sebagian besar pekerjaan.Namun, mempercayai bahwa pendidikan formal merupakan satu-satunya jaminan keberhasilan, kesuksesan, kedamaian pikiran adalah hal yang bodoh. Saat, ini banyak lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Sementar itu, banyak orang orang yang tidak pernah mengikuti pendidikan akademi, memiliki beberapa bisnis besar, dan menggaji ratusan karyawan yang memiliki gelar sarjana !!

Banyak jurnalis dan penulis yang berhasil walaupun tidak belajar menulis melalui pendidikan formal. Demikian pula pelukis, aktor seni peran dan sebagainya.

Pertimbangkan dua kali bila seseorang menyarankan Anda untuk “kembali ke sekolah dan belajar lagi”

Tidak memiliki cukup modal untuk memulai bisnis sendiri. Tidak memiliki cukup modal merupakan alasan yang seringkali dilontarkan oleh orang-orang yang tidak memiliki impian yang kuat dan kurang daya kreatifitas. Maindset pengusaha justru kebalikannya, bagaimana memanfaatkan potensi di sekitarnaya tanpa banyak keluar modal, bila perlu tidak keluar modal sama sekali. Cukup gunakan modal orang orang disekitarnya.

Hidup di dunia ini, seharusnya realistis, bukan menjadi pemimpi.Seringkali kita takut dengan reaksi orang yang menganggap kita adalah pemimpi. Cobalah Anda renungkan sejenak. Segala pencapaian manusia yang menakjubkan, selalu berawal dari sebuah impian. Semua bisnis, pesawat terbang, televisi, roket ke bulan, gedung pencakar langit, dan semua pencapaian lainnya, adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

Neil Amstrong tidak akan menjejakkan kakinya di bulan, seandainya Wernher Von Braun, mendengarkan orang orang yang menertawakan ambisinya untuk mendaratkan manusia di bulan.

Bidang yang sedang saya tekuni sudah penuh sesak dan terlalu banyak kompetitor. Di setiap bidang pekerjaan atau usaha apapun, selalu ada orang orang yang sukses, yang berhasil mengumpulkan banyak uang. Keberhasilan bukan ditentukan oleh bidang yang Anda tekuni. Namun, lebih karena kemampuan Anda untuk menjadi yang terbaik di bidang yang Anda tekuni. Dan, untuk menjadi yang terbaik disuatu bidang tertentu, Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Jadi, dalam menekuni suatu usaha, tidak perlu melihat tingkat kompetisinya. Yang lebih penting adalah apakah Anda menyukainya atau tidak…

Saya tidak punya cukup waktu.

Setiap orang mempunyai waktu yang sama tiap harinya. Ya, siapapun, dan darimanapun, Anda hanya punya waktu 24 jam. Ada yang berhasil, dan sukses dengan memanfaatkan 24 jam. Dan, ada orang yang gagal atau hidupnya biasa biasa saja, dan merasa masih kekurangan waktu.Ketersediaan waktu hanyalah keadaan pikiran. Bila Anda mau berpikir bagaimana saya dapat mengerjakan lebih banyak hal, maka otomatis Anda akan mulai memanfaatkan waktu dengan lebih effisien dan efektif.

Berikut tips mendapatkan waktu tambahan ekstra tiap harinya :

Batasi nonton TV maksimal hanya 30 menit tiap hari.

Hentikan langganan koran.

Abaikan obrolan teman-teman yang hanya mengeluh tentang betapa buruknya dunia ini.

Setiap orang hidup tepat 1.440 menit setiap 24 jam.Masing-masing dari kita memutuskan apakah akan menggunakannya lebih efektif dan produktif, atau hanya mensia siakannya saja. (copy from suaramedia.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: