Daging Barbecue Picu Kanker Prostat



Oleh Media Indonesia On Line
Penulis : Teguh Rachmanto

WASHINGTON–MIOL : Sebuah senyawa yang terbentuk ketika daging dipanaskan dalam suhu tinggi, seperti daging barbecue (panggang), akan memicu pertumbuhan kanker prostat pada tikus.

Menurut tim peneliti dari Amerika Serikat, Senin, hasil studi yang dilakukan terhadap tikus itu dijelaskan dalam sebuah pertemuan American Association for Cancer Research (asosiasi penelitian kanker Amerika) guna menjelaskan kaitan antara mengkonsumsi daging dan risiko tinggi terkena kanker prostat.

Hasil temuan itu juga sesuai dengan sejumlah studi sebelumnya bahwa memasak daging hingga hangus akan menyebabkan kanker.

Senyawa yang ditemukan dalam daging panggang itu disebut sebagai PhIP, yang terbentuk ketika, kata Dr. Angelo De Marzo dan koleganya di Johns Hopkins University di Baltimore.

Senyawa itu menurut hasil penelitian akan memicu serta mempercepat pertumbuhan kanker prostat di dalam tubuh tikus.

Namun para peneliti tersebut mengatakan bahwa mereka masih kesulitan untuk menentukan seberapa besar PhIP yang telah dikonsumsi manusia, karena jumlah itu tergantung pada kondisi pemasakan.

Dalam studi itu, Yatsutomo Nakai dan anggota lainnya di tim De Marzo, mencampur PhIP ke dalam makanan yang diberikan kepada tikus hingga delapan pekan, yang kemudian diteliti prostat, usus, dan limpa dari tikus itu. Setelah itu para peneliti menemukan bahwa telah terjadi mutasi dari ketiga organ itu setelah empat pekan. (Tr/Rtr/OL-03)

Satu Tanggapan to “Daging Barbecue Picu Kanker Prostat”

  1. Wah klo daging tu sebenarnya g cuman berefek kepada kanker prostat, tapi juga kanker selain prostat. Kanker usus, lambung, kandungan dll. Karena daging merupakan zat yang sulit dicerna dalam lambung dan usus kita, maka daging tersebut akan sulit membusuk dan menimbulkan faktor pemicu kanker (Hiromi Shinya).

    Skg saya cuma konsumsi daging jika pas hari raya saja. Selain itu saya mengkonsumsi banyak sayur, buah dan biji2an karena semua itu mudah dicerna dalam lambung dan usus kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: