15 Gejala Beberapa Jenis Kanker yang Sering Diabaikan Wanita

Mon, 03/22/2010 – 18:18

Berbicara tentang gejala yang mengkhawatirkan tidak boleh membuat seseorang bereaksi berlebihan, tapi diharapkan dengan mengenali gejalanya, maka wanita bisa lebih bijak untuk mencegah risiko penyakit pembunuh wanita nomor 1 di dunia.

  1. Penurunan berat badan drastis, tanpa alasan jelas
    Penurunan berat badan secara drastis – misalnya 10 kilogram dalam waktu sebulan tanpa peningkatan olahraga atau penurunan asupan makanan – harus segera diperiksa. Hal tersebut tidak selalu berarti kanker, mungkin saja disebabkan kondisi lain, seperti tiroid yang terlalu aktif. Dengan pemeriksaan, diharapkan dokter Anda akan menjalankan serangkaian tes untuk memeriksa tiroid dan melakukan CT scan berbagai organ.
  2. Nyeri
    perut normal dialami wanita, tapi jika rasa nyeri muncul hampir setiap hari dan bertahan lebih dari beberapa minggu tanpa sebab yang jelas, mungkin hal tersebut menunjukkan gejala kanker ovarium. Gejala lain kanker ovarium meliputi nyeri perut atau nyeri panggul, merasa kenyang dengan cepat – bahkan ketika Anda tidak makan banyak, dan masalah buang air kecil, seperti memiliki kebutuhan mendesak untuk berkemih.
  3. Perubahan Payudara
    Benjolan yang mencurigakan, kemerahan dan penebalan kulit pada payudara bisa digunakan untuk memeriksa adanya indikasi kanker payudara. Ruam-ruam di sekitar payudara yang bertahan selama berminggu-minggu, harus segera dievaluasi. Apalagi jika Anda menyadari adanya perubahan pada puting payudara dan keluar cairan dari payudara (ketika tidak sedang menyusui).
  4. Periode menstruasi dan pendarahan lain yang tidak
    Pasca menopause, bisa menjadi gejala kanker endometrium. Kanker endometrium adalah kanker ginekologis yang umum, setidaknya tiga perempat wanita penderita mengalami pendarahan yang tidak biasa sebagai tanda awal.
  5. Perubahan kulit
    Perubahan dalam pigmentasi kulit dan pendarahan pada kulit secara tiba-tiba dengan skala yang berlebihan bisa menjadi salah satu indikasi kanker kulit. Sulit untuk mengatakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengamati perubahan kulit yang terjadi sebelum Anda pergi ke dokter, tapi kebanyakan ahli mengatakan tidak lebih dari beberapa minggu.
  6. Kesulitan menelan
    Menurut Leonard Lichtenfeld, MD, wakil kepala medis American Cancer Society, kesulitan menelan makanan dapat menjadi tanda kanker gastrointestinal, seperti kanker kerongkongan.
  7. Pendarahan
    Keluarnya darah bersamaan dengan proses buang air besar maupun kecil serta keluarnya darah tanpa disebabkan oleh sesuatu yang jelas dan hal tersebut terjadi lebih dari sekali, seperti batuk darah, penting untuk dievaluasi. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi kanker usus besar. Konsultasi dan pemeriksaan dokter seperti uji kolonoskopi mungkin diperlukan.
  8. Depresi & nyeri perut
    Setiap wanita yang mengalami rasa sakit di perut dan depresi memerlukan pemeriksaan. Beberapa peneliti telah menemukan adanya hubungan antara depresi dan kanker pankreas.
  9. Gangguan pencernaan
    Gangguan pencernaan tanpa alasan yang jelas, mungkin bisa menjadi petunjuk awal kanker kerongkongan, perut, atau tenggorokan. Konsultasi dan serangkaian tes oleh dokter ahli sangat diperlukan apalagi jika Anda memiliki riwayat medis yang berhubungan dengan kanker.

10.  Perubahan mulut
Menurut American Cancer Society, seorang perokok aktif harus waspada terutama untuk setiap bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah. Keduanya dapat mengindikasikan sebuah kondisi prakanker yang disebut leukoplakia yang dapat berkembang menjadi kanker mulut.

11.  Rasa sakit dan nyeri
Berbagai keluhan rasa sakit dan nyeri yang hilang timbul secara berkala atau samar-samar dapat juga merupakan gejala awal suatu kanker. Meskipun kebanyakan keluhan nyeri tidak dari kanker tapi sebaiknya rasa sakit yang bertahan dan tidak dapat dijelaskan perlu diperiksa sedini mungkin.

12.  Pembengkakan kelenjar getah bening
Jika Anda merasakan adanya benjolan atau pembengkakkan pada kelenjar getah bening di bawah ketiak, leher, atau tempat lain, hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi kanker. Jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang semakin besar lebih dari sebulan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memeriksa anda dan mengetahui keluhan tertentu (seperti infeksi) yang dapat menjelaskan pembesaran kelenjar getah bening. Jika tidak ada, dokter biasanya akan menyarankan biopsi.

13.  Demam
Jika Anda mengalami demam yang bukan dikarenakan oleh influenza atau infeksi lainnya, hal itu bisa menunjukkan kanker. Umumnya demam terjadi setelah kanker menyebar. Gejala kanker lain dapat termasuk sakit kuning atau perubahan warna tinja. Untuk pastinya, sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan riwayat medis oleh dokter, serta serangkaian tes seperti sinar-X, CT scan, MRI, atau tes lain bila diperlukan, tergantung pada hasil pemeriksaan.

14.  Kelelahan
Kelelahan luar biasa yang sering terjadi tanpa disebabkan oleh sesuatu yang jelas misalnya paska olahraga atau bekerja berat, bisa menjadi salah satu indikasi kanker serta sejumlah masalah kesehatan lainnya. Menurut American Cancer Society, hal tersebut dapat terjadi ketika kanker telah bertumbuh, tetapi mungkin juga terjadi pada stadium awal kanker tertentu, seperti leukimia, kanker kolon atau kanker lambung.

15.  Batuk berkepanjangan
Batuk pilek, flu, dan alergi ringan kadang hanyalah efek samping obat-obatan. Tapi batuk yang berkepanjangan (lebih dari tiga atau empat minggu) tidak boleh diabaikan. Berkonsultasilah dengan dokter dan lakukan pemeriksaan yang berhubungan dengan fungsi tenggorokan dan paru-paru, terutama jika Anda seorang perokok aktif.

References:

  1. Kathleen Doheny, 15 Cancer Symptoms Women Ignore-WebMD uncovers common cancer warning signs women often overlook-Cancer Features: http://www.webmd.com/: 21 August 2009
  2. Do Something-Deteksi dan Cegah kanker Payudara: http://www.peduliperempuan.com/ 15 September 2009

Satu Tanggapan to “15 Gejala Beberapa Jenis Kanker yang Sering Diabaikan Wanita”

  1. BAGUS BRO TANBAH PENGETAHUAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: