Susu Kelapa

Susu sapi, susu kambing atau susu kedelai sudah banyak dikenal. Kini susu kelapa alias santan juga mulai digemari karena memiliki banyak khasiat kesehatan yang tak kalah dengan susu-susu yang lain.

Kelapa dianggap sebagai makanan mukjizat, yang dapat membantu melindungi dan menyembuhkan tubuh dari penyakit internal dan eksternal. Nah, susu kelapa juga sama khasiatnya yang dapat membangun sistem kekebalan tubuh dan pertahanan tubuh.

Susu kelapa adalah cairan susu yang diekstrak dari daging kelapa atau yang sering disebut santan. Warnanya putih dan rasa susunya berasal dari kandungan minyak yang tinggi dan gula yang ada di dalamnya. Susu kelapa tidak boleh dicampur dengan air kelapa, yang merupakan cairan alami dari kelapa.

Susu kelapa terdiri dari dua jenis, yaitu tebal dan tipis. Jenis yang tebal dihasilkan dengan menekan parutan daging kelapa dalam kain katun tipis.

Sedangkan jenis yang tipis dihasilkan dengan merendam daging kelapa dalam air hangat dan meremasnya untuk mendapatkan santan yang tipis.

Susu kelapa juga dapat dibuat di rumah dengan mengolah parutan daging kelapa dengan air panas dan susu.

Seperti diberitakan dari ehow, cara mudah membuat susu kelapa di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan buah kelapa segar. Kemudian dipotong dengan potongan kecil kira-kira 1 inchi, dan kemudian masukkan ke dalam blender (mesin pencampur) dengan perbandingan yang sama antara kelapa dan air panas.
  2. Putar blender dengan kecepatan yang tinggi selama beberapa menit, kemudian kecepatan sedang untuk pencampuran selama 30 menit.
  3. Tuang ke saringan dan tekan parutan atau hasil campuran kelapa tersebut untuk mendapatkan susu kelapa. Dan remas parutan kelapa untuk mendapatkan sisa-sisa susu kelapa.
  4. Tuang susu kelapa dengan saringan yang lebih halus.
  5. Bila menggunakan kelapa kering, tempatkan satu cangkir kelapa parut tanpa gula dan satu setengah cangkir air panas ke dalam blender. Biarkan selama 5 menit dan kemudian haluskan selama 1 menit. Kemudian lanjutkan langkah 3 dan 4.

Susu kelapa menjadi konsumsi umum pada masyarakat daerah tropis, terutama Asia Tenggara, yang merupakan bagian integral dari masakan Thailand, Burma, Filipina, Indonesia, Singapura dan India.

Seperti diberitakan dari healthmad dan buzzle, ada banyak manfaat dari susu kelapa, antara lain:

  1. Susu kelapa mengandung vitamin, mineral dan elektrolit penting yang menyediakan beragam manfaat bagi tubuh. Kelapa mengandung kalsium, kalium, klorida, vitamin A dan E.
  2. Susu kelapa membantu mengurangi tekanan darah, gula darah dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
  3. Susu kelapa juga susu alternatif yang gratis bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dan juga alergi terhadap susu hewan. Dengan membakar kelapa atau mengonsumsi susu kelapa, masih bisa diperoleh vitamin esensial dan mineral. Ada pula susu kelapa vegetarian yang bebas kedelai, bebas gluten dan bebas kacang.
  4. Susu kelapa mengandung asam laurat yang memiliki anti bakteri, anti-mikroba, anti jamur dan anti-virus. Dengan demikian, susu kelapa dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan bakteri perut, flu, pilek, sakit tenggorokan, bisul dan berbagai penyakit.
  5. Susu kelapa digunakan dalam perawatan kulit dan rambut. Susu kelapa digunakan dalam banyak produk rambut komersial dan produk perawatan kulit untuk hidrat, melembabkan, memperbaiki dan menyembuhkan kulit dan rambut.
  6. Susu kelapa juga bermanfaat bagi jantung. Susu kelapa mengandung asam laurat yang membantu untuk menjaga arteri dan hati tetap bersih dan sehat. Dan meskipun susu kelapa mengandung lemak jenuh, kehadiran asam laurat dan asam lainnya dalam susu kelapa membuatnya sempurna melawan penyakit jantung dan atherosclerosis.
  7. Susu kelapa adalah makanan yang sempurna untuk menurunkan berat badan atau memelihara berat badan. Lemak jenuh dalam kelapa terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah, yang diubah tubuh menjadi energi dan bukan lemak. Jadi, meskipun tinggi lemak jenuh, kelapa dapat membantu menurunkan berat badan.
  8. Ada beberapa jenis antioksidan yang ditemukan dalam susu kelapa. Antioksidan membantu tubuh untuk menangkis radikal bebas berbahaya yang dapat degenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, susu kelapa dapat membantu mencegah kanker dari tubuh dan membantu mencegah penyakit degeneratif seperti penuaan dini, kulit kendur, kerutan, masalah penglihatan dan tulang.
  9. Susu kelapa juga dapat membantu pencernaan. Susu kelapa mengandung zat-zat bermanfaat bagi perut untuk mencerna makanan dengan baik. Susu kelapa adalah anti-bakteri dan membunuh bakteri buruk dari dalam perut yang dapat menyebabkan pencernaan makanan yang tidak baik. Susu kelapa juga juga digunakan sebagai pencahar. Ini juga bisa menjadi obat untuk saluran kencing dan ginjal.
  10. Jika kulit terkena sinar matahari dalam waktu yang panjang dan menyebabkan ruam atau sengatan matahari, susu kelapa merupakan penyembuh instan. Mandi susu kelapa atau menggunakan susu kelapa yang dioleskan pada ruam dan biarkan semalam, akan menjadi pendingin dan membantu menyingkirkan kering dan gatal pada ruam.

Ditinjau dari segi nutrisi, dalam 1 cangkir susu kelapa mengandung kalori sebesar 552 kal, total lemak 57,2 g, kolesterol 0 mg, natrium 36 mg, total karbohidrat 13,3 g, protein 5,5 g, vitamin C 11%, kalsium 4%, dan besi 22%.

Bingung karena belum menemukan bahan yang tepat untuk merawat rambut Anda? Mungkin Anda bisa mencoba santan kelapa. Tidak hanya lezat sebagai bumbu masak, kelapa juga baik untuk merawat kecantikan serta kesehatan rambut. Berikut manfaat santan kelapa:

* Memperlambat pertumbuhan uban
Ada sebagian orang yang beruban di usia yang tidak seharusnya. Penyebabnya banyak, seperti stres atau shampo yang tidak cocok. Menghilangkan uban tentu bisa dilakukan dengan mengecat rambut. Namun pencegahan tentunya lebih efektif, bukan?

Dengan santan kelapa, kemunculan uban dapat ditunda. Bahkan jika sudah terlanjur pun, kelapa masih dapat mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah. Orang dulu biasanya memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Santan itu akan ditambahkan garam dan diembunkan semalam. Esoknya tinggal dioleskan pada rambut.

* Menghilangkan ketombe
Tidak sekadar mengurangi keindahan rambut, ketombe juga membuat kulit kepala lecet karena gatal. Kita juga tidak akan terlihat cantik karena sering menggaruk kepala. Air kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi antibakteri dan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe. Jika dipadu dengan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini akan lebih sempurna. Untuk membuat ramuan sendiri, Anda membutuhkan setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Jika Anda keramas dengan ramuan ini seminggu sekali, ketombe niscaya akan hilang.

* Melembabkan rambut
Memiliki rambut kering memang tidak menyenangkan karena mudah patah. Untuk mengatasinya, rambut harus dilembabkan. Air kelapa dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberi kelembaban. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu. Basuhkan ke rambut setiap habis keramas. (fn/dt/ws) www.suaramedia.com

Satu Tanggapan to “Susu Kelapa”

  1. mantabs……………..sangat membantu waduw susah@ cr mnafaat santan akhirnya dapat jg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: