Yoga Kundalini

Sejak lama, praktik yoga telah dilakukan sebagai salah satu olah spiritual dan fisik. Yoga juga dipercaya mampu membuat kehidupan seks lebih dasyat. Menurut pangajar yoga, Yudhi Widyantoro, penjelasan sederhananya kira-kira begini, “Dengan rutin melakukan yoga, bukan hanya tubuh terhindar dari berbagai penyakit, tetapi juga membantu organ-organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya, melancarkan peredaran darah, serta menguatkan dan melenturkan otot-otot. Termasuk juga menguatkan organ yang berhubungan dengan seks dan reproduksi.” Satu hal yang penting dari yoga adalah bahwa secara psikis yoga juga dapat memberikan ketenangan, rasa relaks dan kebahagiaan, sehingga aktivitas bercinta terasa lebih menyenangkan.

Salah satu style dalam yoga yang khusus melatih organ seks ini adalah kundalini yoga. Yudhi mengatakan, dengan kundalini, pusat saraf dan cakra pada tubuh akan terbuka. Terutama cakra seks. Tubuh manusia punya tujuh cakra, antara lain, cakra dasar (mooladara), cakra seks (swadistana), cakra pusar (manipura), cakra jantung (anahata), cakra tenggorokan (visudhi), cakra mata tiga (ajna), dan cakra mahkota (sahasrara).

Adapun, cakra seks terdapat pada tulang pelvis. Cakra seks berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi, dan memengaruhi aktivitas seksual seseorang. Seseorang dengan cakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Mengenai apa sebenarnya kundalini, Yudhi membuat metafora visual, seperti ular yang sedang tidur dalam tubuh kita. Dengan kundalini, ular ini seperti dibangunkan. Kundalini juga merupakan energi yang tersembunyi dalam tubuh, yang bisa diaktifkan. “Manifestasinya kundalini melancarkan peredaran darah ke semua organ,” terang Yudhi. Kundalini lebih banyak menekankan bernapas untuk membuka cakra. Gerakan kundalini sendiri sesungguhnya sangat sederhana karena bertumpu pada teknik pernapasan untuk memperkuat cakra seks. Namun, masing-masing guru yoga punya Style yang berbeda-beda dalam pengajaran teknik ini.

Ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan cakra seks, yakni dengan mengurut bagian perut antara pubic dan lubang vagina dengan minyak lembut sambil memfokuskan perhatian pada daerah genital. Visualisasikan perasaan relaks, tenang, menerima diri sendiri dan terbuka pada proses pembelajaran untuk semua sensasi seks yang dirasakan. Dengan beberapa kali latihan, dapat membuat tubuh kita sangat relaks pada saat melakukan hubungan seks.

Latihan yang paling dasar dan sederhana dari teknik yoga yang bisa Anda lakukan adalah latihan bernapas. Salah satu jenis bernapas yang dinamakan conscious breathing adalah alat yang digunakan dalam percintaan ala Tantrik (pengetahuan seni bercinta dari India yang ditemukan sejak 6000 tahun silam). Jenis bernapas ini akan membuat Anda fokus dan selalu dapat berpartisipasi total dalam kegiatan seksual, juga dapat menguatkan sistem reproduksi Anda serta meningkatkan kenikmatan seksual. Yudhi mengatakan, bernapas tak bisa dipisahkan dari yoga. “Ketika melakukan yoga, napas menjadi jembatan antara tubuh dan pikiran. Antara gerakan dan napas haruslah sinkron.” Secara umum, kesehatan Anda membaik bila Anda bernapas dengan benar, segala macam penyakit, ketegangan dan kecemasan menghilang, sel-sel di tubuh Anda akan mendapatkan energi baru dari pemasukan oksigen yang lebih bersih. “Dengan bernapas baik dan ritmik, pikiran dan psikis akan menjadi lebih tenang,” kata Yudhi, menambahkan.

Sumber: http://www.casavina.com/kesehatan/yo…lebih-dahsyat/

Tinggalkan komentar